Pages

January 4, 2009

Clay art

Sejak dikenalin Nina! sama yang namanya clay jadi ketagihan nih. Mulanya sih cuma sekedar browsing ajah. Lama - lama jadi makin tertarik sama kerajinan tangan yang satu ini. Jadi sebenarnya clay itu apa? Buat yang belom tau, mudah2an postingan ini berguna yah..

Adapun jenis-jenis yang umumnya dikenal adalah:

Polymer clay : Polymer clay memiliki warna-warni yang menarik dan dapat disimpan dalam jangka waktu relatif lama. Kelemahannya adalah harganya cukup mahal serta harus menggunakan oven untuk memanggang.


Air Dry Clay :

Paper clay

Paper clay merupakan salah satu jenis air dry clay, penggunaannya cukup praktis karena tidak memerlukan pemanggangan. Teknik yang cukup sulit pada paper clay adalah pada saat pewarnaan karena harus mencampur sendiri. Untuk penyimpanan paperclay harus disimpan dalam wadah yang sangat tertutup sebab jika tidak akan cepat mengeras.

Clay tepung

Merupakan salah satu jenis air dry clay yang murah dan dapat dibuat sendiri dirumah. Terdiri dari campuran tepung tapioca, tepung beras, terigu dengan perbandingan 1:1:1 dan ditambahkan pula pengawet makanan (agar hasil tidak berjamur).

Soft clay

Merupakan alah satu varian air dry clay yang pertama kali diperkenalkan di Jepang.. Clay ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut.


Peralatan

Dalam membuat kerajinan clay pada dasarnya anda tidak memerlukan peralatan khusus, namun saat ini beberapa toko craft supplies sudah ada yang menjual beberapa peralatan khusus untuk mempermudah para hobiis clay.

Anda dapat menggunakan beberapa peralatan dasar yang banyak terdapat dirumah seperti: gunting kecil, cutter, penggaris, lem putih, ballpoint, bubuk pemulas mata, cat air /pinset/ minyak, pinset, jarum, glitter, cat kuku bening sebagai varnish dll.

Namun jika anda menginginkan alat yang lebih praktis agar hasil akhir karya anda lebih sempurna, ada baiknya anda menggunakan beberapa peralatan dan perlengkapan tambahan seperti : slicing blade, shaping tools, craft pinset, needle tool, special glossy varnish, resin.

>Artikel di atas diambil dari sini.<


Cari tau tentang clay hanya dengan baca artikel ajah ternyata ga puas. Jadi blogwalking lah w kemana - mana. Banyak banget blogger yang bikin blog yang isinya clay semua. Setelah riset (ya e lahhh..), ketemu lah blog yang ok banget, contohnya blognyasita, terus ada KreasiTha, ada juga Indonesia clay port. Sebenernya banyak banget blog lain yang isinya tentang clay semua. Sayangnya w belom siap blogwalking ke semua blog, jadi cuma ada 3 yang bisa w list di sini.


Blognya Sita keren banget loh. KreasiTha dan Indonesia clay port juga ok banget. Semua blog diatas memuat kreasi kerajinan tangan. Ada clay, aksesoris dan kerajinan tangan lain yang wuoke buanget. Habis blogwalking dari blog mereka, w jadi makin penasaran. Pengen banget nyoba polymer clay. Ngomong2 polymer clay, ternyata polymer clay bisa dijadiin aksesoris loh. Jadi tambah semangat w mo nyoba polymer clay. Sayangnya, di Indonesia agak susah nyari bahannya dan harganya lumayan mahal. Paling banyak mungkin ada di Jakarta yah, terus Bandung dan Surabaya (hasil googling, kakaka..).



>tx Nina!<



1 comment:

  1. Kalo situs yg kasih alat2 buat kerajinan pahat memahat ada gak??? kayak buat aksesoris dari kayu. gue malas searching bantuin cari ya. kekekeke. thanks before

    ReplyDelete